Jumat, 07 April 2017

Jenis - jenis Bipolar ada 5

Gangguan bipolar dapat dimulai episode mood depresi atau mania. Namun, sekitar dua pertiga dari kasus gangguan bipolar, dimulai dengan episode mania. Sama seperti episode mood, gangguan bipolar juga memiliki banyak jenis.
Berikut beberapa jenis gangguan bipolar yang perlu Anda ketahui.
Image result for bipolar
1. Bipolar I
Gangguan ini melibatkan episode suasana hati yang parah, dari mania ke depresi berat. Episode mania bisa menyebabkan pasien mengalami delusional. Kondisi ini berlangsung -sebagian besar- hampir setiap hari, selama satu minggu, atau lebih.
2. Bipolar II
Merupakan bentuk ringan dari elevasi mood yang melibatkan episode hipomania ringan yang bergantian dengan episode mania sedang. Pasien dalam kondisi ini masih bisa berfungsi dengan baik dan meningkatkan produktivitasnya. Namun jika tidak segera diatasi (dengan pengobatan yang tepat), episode mania sedang bisa semakin parah menjadi depresi berat.
3. Cyclothymic
Digambarkan sebagai episode hipomania dan episode depresi dengan periode singkat (tidak tahan lama).
4. Campuran
Adalah periode yang secara bersamaan melibatkan gejala penuh dari episode mania dan depresi. Ini ditandai dengan perasaan "megah" dengan pikiran berlomba. Pada saat yang sama, pasien menjadi mudah marah, murung, dan merasa buruk.
5. Rapid-Cycling
Ditandai oleh empat atau lebih episode mood (depresi, mania, hipomania, dan campuran) yang terjadi dalam jangka waktu 12 bulan. Perubahan suasana hati pasien berubah sangat cepat dalam tingkatan yang berbeda (rendah-tinggi dan sebaliknya).
Pada beberapa individu, kondisi ini ditandai dengan iritabilitas yang parah, kemarahan, impulsif, dan ledakan tak terkendali. Beberapa pasien juga mengalami episode mania-depresi dalam satu hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar