Rabu, 06 Juli 2016

10 NEGARA DENGAN PENDAPATAN PERKAPITA TERTINGGI DIDUNIA

GDP (Gross Domestic Product) atau pendapatan nasional bruto merupakan sebuah cara dalam menentukan tingkat kekayaan suatu negara pertahunnya. Untuk mengetahui kekayaan setiap negara pertahunannya beberapa organisasi keuangan internasional seperti Dana Moneter Internasional (DMI) atau International Monetary Fund(IMF) dan Bank Dunia melakukan perhitungan GDP percapita  caranya dengan membagi tingkat pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduknya di tahun itu. Hasilnya dapat menentukan mana negara terkaya di tahun itu menurut tingkat GDP terhadap jumlah penduduknya.  .
Merujuk dari data GDP percapita Bank Dunia tahun 2015 maka ini adalah 10 negara terkaya menurut Pendapatann perkapita di mulai dari urutan teratas yaitu:
1.Luxemborg
Luxemborg yang nama resminya Keharyapatihan Luksemburg  merupakan salah satu negara terkecil di Eropa tapi di nobatkan oleh Bank Dunia sebagai negara terkaya di Dunia. Pendapatan perkapitanya mencapai USD 110,665 atau sekitar 1 milyar. Padahal negara ini hanya sebuah negara kecil dengan luas sekitar 2.586 kilometer persegi. Negara Luxemborg ini di kelilingin oleh tiga negara yaitu Perancis, Jerman dan Belgia menjadikan dia selain kaya di sisi ekonomi juga kaya dalam hal budaya terbukti dari penggunaan tiga bahasa resmi yaitu Perancis, Jerman dan Luxemborg. Negara ini mempunyai tingkat pengangguran yang rendah. Menurut Wikipedia tingkat penggaguran di negara ini hanya 4,4%  pada juli 2015.

2.Norwegia
Di urutan berikutnya di tempati oleh Norwegia. Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge adalah negara di Eropa dengan luas sekitar 385,525 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 4,9 juta. Norwegia merupakan salah satu negar di Eropa dengan tingkat kepadatan penduduk paling rendah. Pendapatan perkapita di negara ini sebesar USD 97,363. Norwegia kaya akan minyak dan gas alam.

3.Macau
Macau adalah kolonia tertua Eropa di tiongkok. Macau berada di tepi barat Sungai Pearl Delta di selatan Provinsi Guangdong, Cina. Macau memiliki bisnis besar di bidang kasino dan properti. Pendapatan perkapita di negara ini mencapai USD 96,444.

4.Qatar
Negara Qatar berada di posisi ke 4 negara terkaya di Dunia. Qatar merupakan negara yang terletak di semenanjung kecil di jazirah Arab yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi dan teluk Persia. Awalnya perekonomian Qatar adalah perikanan dan mutiara tapi sekarang menjadi minyak dan gas bumi. Karenanya Qatar memiliki pendaptan perkapita sebesar USD 93,397.

5.Swiss
Di urutan ini ditempati oleh Swiss sebuah negara yang sebagaian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen. Swiss berbatasan dengan negara Perancis, Jerman, Austria dan Italia. Swiss memiliki empat bahasa resmi Perancis, Jerman, Italia dan Romansh.Negara yang terkenal dengan kualitas jam tangannya ini merupakan pusat perbankan dan investasi terbaik dunia. Pendapatan perkapitanya mencapai USD 84,733. Dalam bidang ekonomi Swiss juga melakukan eksport bahan kimia dan mesin industri.

6.Australia
Di posisi ini ada negara tetangga kita yaitu Australia dengan pendapatan perkapita sebesar USD 61,887. Negara atau Benua Australia ini memiliki luas wilayah sekitar 7.682.300 kilometer persegi dengan jumlah populasinya sebesar 22 juta jiwa. Australia merupakan negara dengan hasil tambang uranium dan emas yang besar.

7.Denmark
Pendapatan perkapita negara ini sebesar USD 60,634. Denmark merupakan negara yang paling minim korupsi. Selain itu yang membuat negara ini termasuk salah satu negara terkaya adalah sektor pendapatan yang cukup besar yang berasal dari sektor energi, transportasi, teknologi dan publik lainnya.

8.Swedia
Negara berikutnya adalah Swedia dengan pendapatan perkapita USD 58, 887. Merupakan negara ekonomi campuran berbasis ekspor. Negara ini memimpin segmen farmasi dan telekomunikasi.

9.Singapura
Kembali negara tetangga kita berhasil menempati urutan kesembilan sebagai negara terkaya di Dunia versi Bank Dunia. Dengan pendapatan perkapita USD 56,286. Singapura merupakan negara dengan luas wilayah kecil dengan tingkat kepadatan penduduk yang besar mirip dengan Luxemborg.

10.Amerika Serikat
Di urutan terakhir di pegang oleh Amerika serikat dengan pendapatan perkapita sebesar USD 54,629. Negara yang berjuluk Paman Sam ini merupakan negara dengan perekonomian termaju di Dunia. Negera ini memiliki sumber daya alam yang berlimpah, infrastruktur yang maju, dan produktivitas yang tinggi.

!! INDONESIA
Indonesia punya sekitar 10 ribu triliun GDP (harga berlaku) (harga konstan lebih rendah lagi) dan penduduk 250 juta lebih menjadikan pendapatan perkapitanya di kisaran Rp. 40.000.000 setahun atau USD 4,000 setahun (kurs 10.000/USD). Bayangkan om sam yang pendapatan masyarakatnya menembus 54 ribu dollar (500 jutaan) setahun. Meski tidak dapat dijadikan indikator utama kesejahteraan karena ukuran pendapatan perkapita mengasumsikan pendapatan yang diterima masyarakat rata, tetapi cukup dapat menggambarkan bagaimana besar perekonomian negaranya. Dibutuhkan pertumbuhan ekonomi 135% untuk dapat menyamakan pendapatan masyarakat om Sam. pertumbuhan 10 tahun GDP indonesia adalah 8%, itu artinya butuh sekitar 160 tahun untuk mengejar perbedaan ini (asumsi GDP USA tetap dan jumlah penduduk Indonesia tetap selama "160 tahun" kedepan". Apakah Indonesia dapat menjadi negara maju? Jawabannya ada di langit!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar